Sistem Jaringan Internet

Internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkaian komputer lain di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunikasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia diseluruh dunia. Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer dan jaringan-jaringan komputer di seluruh dunia. Setiap komputer dan jaringan terhubung - secara langsung maupun tidak langsung - ke beberapa jalur utama yang disebut internet backbone dan dibedakan satu dengan yang lainnya menggunakan unique name yang biasa disebut dengan alamat IP 32 bit. Contoh: 202.155.4.230.
Dengan ber INTERNET kita dapat memperoleh berbagai informasi apa saja dimana saja dan kapan saja [ no limit, anywhere and anytime ]. Anda tinggal ke search engine Dunia seperti Yahoo dan google. Ketik kalimat yang Anda ingin cari maka akan ditampilkan alamat website yang memberikan informasi tersebut. Komputer dan jaringan dengan berbagai platform yang mempunyai perbedaan dan ciri khas masing-masing (Unix, Linux, Windows, Mac, dll) bertukar informasi dengan sebuah protokol standar yang dikenal dengan nama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).
Sejak memasyarakatnya internet yang  menghubungkan beberapa komputer, baik komputer pribadi (PC) maupun server, dengan sebuah jaringan dari jenis LAN (Local Area Network) sampai WAN (Wide Area Network) menjadi hal yang biasa. Untuk mengenali sebuah jaringan komputer alangkah baiknya kita tahu dulu ciri-ciri dari jaringan komputer sepeti :
  1. berbagi perangkat keras (hardware) komputer;
  2. berbagi perangkat lunak (software) komputer;
  3. berbagi saluran komunikasi;
  4. berbagi data dengan mudah; dan
  5. memudahkan komunikasi antar pemakai jaringan.
adapun manfaat jaringan komputer adalah sebagai berikut :
  1. Resource sharing, yaitu dapat menggunakan sumber daya yang ada secara bersama-sama, hal ini berarti jaringan komputer mengatasi masalah jarak;
  2. Realibilitas tinggi, dengan jaringan komputer kita akan mendapatkan reliabilitas yang tinggi dengan memiliki sumber sumber alternatf persediaan. Misal semua file dapat disimpan atau di copy dua atau lebih komputer yang terkoneksi ke jaringan, jika salah satu komputer rusak , salinan di komputer yang lain bisa di gunakan
  3. menghemat Uang. komputer yang berukuran kecil harga lebih murah dibanding dengan komputer yang berukuran besar
JENIS-JENIS JARINGAN INTRANET KOMPUTER
  • Local Area Network (LAN)
LAN merupakan jaringan yang terdapat di dalam satu area kecil tertentu.LAN juga dapat dihubungkan dengan workstation pada sebuah kantor di suatu perusahaan.Karena banyaknya kemudahan akses informasi dan data maka penerpan LAN pada perusahaan dapat menghemat biaya operasional perusahaan tersebut.
  • Metropolitan Area Network(MAN)
MAN dapat digunakan untuk menghubungkan sekolah-sekolah yang berdekatan dalam satu kota atau bahkan antar kota. MAN juga mampu menunjang transaksi komunikasi data dan suara, sehingga MAN dapat terhubungkan dengan jaringan televisi kabel dikotamu.
  • WIDE AREA NETWORK (WAN)
WAN merupakan cikal bakal terbentuknya internetyaitu yang digunakan untuk mengatasi transaksi komunikasi dan data antar komputer dengan jankauan wilayah geografis yang lebih luas daripada MAN dan LAN.WAN mampu menghubungkan komputer-komputer antar negara atau bahkan antar benua.
  • JARINGAN TANPA KABEL
Jaringan tanpa kabel diperlukan untuk komunikasi yang tidak bisa dilakukan dengan kabel. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah sangat banyak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat serta lebih murah dibandingkan dengan jaringan kabel.
Berbagai Jenis Koneksi internet pada umumnya
  • Dial up = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon. Dengan menggunakan sebuah modem dial-up. Saat online [ connect ] maka telepon tidak dapat digunakan. Perhitungan pulsa telepon berjalan + biaya internet dari provider. max Kecepatan 56kbps.
  • Broadband = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan kabel tv, dengan menggunakan modem broadband. Saat online dapat sekaligus nonton tidak berpengaruh. Dan biaya lebih hemat cukup membayar abodemen tv cable + biaya internet provider untuk 24 jam online [ no limit ]. kecepatan mulai dari 64kbps - 256kbps.
  • ADSL = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan line telepon juga. Namun ADSL menggunakan teknologi yang lebih modern. Saat online jalur telepon tidak terganggu, dapat digunakan dalam kebersamaan. Biaya cukup membayar provider internet dengan sistem perhitungan berdasarkan besarnya kilobyte yang digunakan, koneksi 24 jam online. Kecepatan mencapai 512kbps.
  • HANDPHONE = Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kbps - 2Mbps.
Jaringan Intranet
Intranet merupakan sebuah jaringan yag dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalam nya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi web dan teknoogi komunikas data. Intranet juga menggunakan protokol TCP/IP. Protokol ini memungkikan suatu komputer mengirimdan memberi alamat data ke komputer lain sekaligus memastikan pengiriman data sampai tujuan dengan tanpa kurang apa pun. Intranet berkembang pesat di Amerika – Netscape (13/11/1995) melaporkan bahwa sebagian besar penjualan server ke perusahaan di amerika di gunakan untuk intranet. Di Indonesia intranet telah digunakan oleh beberapa perusahaan walaupun, terbatas pada perusahaan komputer, dan indstri besar lainnya.
Komponen pembentuk intranet
Komponen pembentuk intranet pada dasarnya sama dengan komponen pembentuk internet, seperti:
  1. aplikasi browser ( internet exploler, opra, mozilla firefox, netscape)
  2. komputer server
  3. perangkat jaringan
  4. protokol TCP/IP
  5. bahasa pemrograman (html, php, mysql , dll)
  6. komputer client
  7. perangkat bantu pengembang
yang perlu ditambahkan dalam intranet apabila sebagian informasi organisasi tersebut ingin diekspose agar dapat di akses jaringan luar (internet) adalah firewall dan router (intranet ini akan menjadi ekstranet).
Artikel Terkait :